Lolita ;

Lolita adalah sebuah novel indah yang abadi, hingga kini terus diperbincangkan orang, dikritisi para pemerhati sastra, dan menjadi best-seller di berbagai negara, kendati telah memasuki setengah abad sejak kemunculannya untuk pertama kali. Novel ini bahkan dinobatkan sebagai salah satu novel paling berpengaruh yang terbit pada abad kedua puluh versi majalah internasional terkemuka, Time, edisi pergantian milenium (1999), bersama Ulysses (James Joyce) danOne Hundred Years of Solitude (Gabriel Garcia Marquez).

Lolita adalah sebuah kisah cinta yang tragis. Novel ini berkisah tentang seorang profesor dan penulis bernama Humbert Humbert yang terobsesi pada seorang gadis remaja bernama Dolores Haze. Untuk bisa berdekatan dengan Dolores, Humbert menikahi ibu gadis itu, Charlotte Haze. Setelah sang ibu tewas dalam sebuah kecelakaan, Humbert membawa Dolores berkelana mengelilingi Amerika dan mengajar berpindah-pindah tempat di berbagai universitas. Cinta Humbert berujung tragis. Ia ditinggalkan oleh Dolores dan kemudian berakhir dalam penjara karena membunuh lelaki yang melarikan Dolores. Adapun Dolores yang kemudian menikah dengan pemuda sebayanya tewas saat melahirkan.

Novel ini enak dibaca, diracik dengan apik, indah, agak muram, tetapi tidak kehilangan sentuhan humor. Ia menjadi indah antara lain karena kepiawaian Nabokov dalam melukiskan nuansa psikologis tokoh-tokohnya dan penokohan yang kuat, terutama sosok Dolores alias Lolita yang kenes dan misterius, serta Humbert yang berkepribadian rumit. Menurut sejumlah kritisi terkemuka, novel ini adalah salah satu. Bacaan wajib bagi para pecinta sastra dan pembaca novel.